Sekda Hana Hikoyabi Buka Jambore Kader Siamal 2023

Berita Daerah Kesehatan

Pembukaan Jambore Kader Siaga Malaria (Siamal) oleh Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP., di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura. Rabu, 26 Juli 2023

SENTANI, jayapurakab.go.id – Sebanyak 350 orang kader siaga malaria Kabupaten Jayapura menghadiri Jambore Kader Siaga Malaria (Siamal) tahun 2023.

Jambore Kader Siamal itu dilaksanakan selama dua hari mulai Rabu (26/7/) hingga Kamis (27/7) dan dipusatkan di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Jambore tersebut dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo melalui Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP., yang dihadiri unsur Forkompimda Kabupaten Jayapura.

Ketua Malaria Center Kabupaten Jayapura Khairul Lie, S.KM., M.Kes., mengatakan, jambore dilakukan sebagai upaya untuk memperkuat kapasitas kader dalam upaya pencegahan malaria.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja kader Siamal, juga refreshing kemampuan teknis kader, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui praktek baik dari sesama kader Siamal, melakukan sosialisasi dan promosi upaya penanggulangan malaria, serta menyuguhkan hiburan kepada kader maupun masyarakat sekitar,” jelas Khairul Lie yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura ini, Rabu, 26 Juli 2023.

Selain itu, Khairul juga menyampaikan, ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam pelaksanaan jambore kader Siamal seperti defile para kontingen yang melibatkan 19 distrik dari 22 Puskesmas, pameran hasil kegiatan kader di kampung, cerdas cermat, tari-tarian, penampilan kelambu anti malaria raksasa, pemantapan komitmen yang melibatkan semua stakeholder dan penghargaan kader malaria terbaik.

“Kemudian, juga ada penghargaan Pj Malaria terbaik, penghargaan Kepala Puskesmas terbaik, pembagian hadiah lomba dan asah terampil, terus ada penyerahan secara simbolis uang lelah kepada kader siaga malaria, serta serba-serbi,” imbuhnya.

Kegiatan Jambore Kader Siamal ini dilaksanakan dengan dukungan Dirjen Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Pemkab Jayapura, Global Found, Yayasan Perdhaki, serta didukung oleh UNICEF, Yayasan Gapai Harapan Papua dan juga sponsor yang tidak mengikat seperti Bank Papua, BRI, Hydro Coco dan Puroxa.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP., mengatakan, sangat mengapresiasi kerja atau gebrakan nyata kader siaga malaria di kampung – kampung, yang mana sejak Oktober 2022 mampu menangani 47.953 kasus malaria dengan pengobatan langsung dengan pengawasan dan pendampingan dari setiap Puskesmas.

“Dengan berlangsungnya jambore tersebut, diharapkan mampu meningkatkan motivasi para kader, memberikan pemahaman serta keterampilan kepada para kader malaria. Supaya mampu meningkatkan pengobatan, pengendalian dan pencegahan penyakit malaria di daerah ini,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan