1000 Hari Pertama Kehidupan Perlu Mendapat Perhatian Guna Menciptakan SDM Kabupaten Jayapura Yang Handal

Berita Kependudukan Kesehatan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pendidikan

kunjungan bupati jayapura di salah satu sekolah di Airu

Sentani, Jpr – Program nasional seribu hari pertama kehidupan perlu mendapat perhatian semua pihak. Untuk Kabupaten Jayapura, program 1000 hari pertama kehidupan tersebut sedang didorong melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis.

“Program 1000 hari pertama kehidupan butuh perhatian karena dimasa itu tumbuh kecerdasarkan anak sehingga mampu tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, ST, MMT dalam acara seminar sehari menyongsong Festival Bahari Tanah Merah (FBTM) ke-IV tahun 2018 di Aula Kantor Distrik Depapre, Senin (12/11/2018).

“persaingan di segala bidang masa kini makin pesat. Hanya melalui kualitas SDM yang handal dapat mengatasi persaingan tersebut. Sebab itu, perbaikan kulitas SDM anak-anak asli Kabupaten Jayapura harus dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan,” ujarnya.

“sejumlah OPD teknis yang dalam fungsi tugasnya bersentuhan langsung dengan program 1000 hari pertama kehidupan untuk bersama-sama memberikan dukungan supaya program tersebut dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil untuk pembangunan daerah ini,” ajaknya.

“Kami juga mengharapkan dukungan dari masyarakat terhadap program 1000 hari pertama kehidupan. Supaya tanggung jawab mencerdaskan anak guna menghasilkan SDM yang handal menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah tetapi juga masyarakat,” tandasnya.

Selain itu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus dimiliki setiap kampung, aksi-aksi pemalangan sekolah dapat di hilangkan, menjaga dan merawat secara bersama fasilitas penunjang proses belajar mengajar di kampung-kampung. Dengan demikian, pendidikan di suatu kampung dapat tumbuh dengan baik dan memperoleh hasil.

“Mari semua kita, baik kami pemerintah tetapi juga masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Jayapura untuk menaruh perhatian dan dukungan terhadap sejumlah kebijakan daerah yang mampu membawa perubahan bagi dunia pendidikan di daerah ini,” harapnya.

Tinggalkan Balasan