Pemkab Jayapura Sosialisasikan Pencegahan Rabies

Sentani, Jpr- Pemerintah melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura menggelar sosialisasi atau Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) bagi masyarakat dan penyelenggara kesehatan hewan. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung di Hotel Grand Allison, di Sentani, pada hari, Senin, tanggal 10 Oktober 2017.

Plh Bupati Kabupaten Jayapura, Drs. Yerry F Dien, M.Si mengatakan, pencegahan dapat dilakukan dengan sejumlah cara yang digabungkan dengan strategi pengendalian yang baik. Mencegah penyebaran rabies diupayakan dengan mengkarantina dan pengawasan hewan penular rabies dalam hal ini hewan piaraan anjing, kera dan kucing.

“Rabies adalah penyakit daftar daftar B pada Office Internasional Des Epizooties yang penting dari aspek  sosial-ekonomi dan kesehatan masyarakat. Dalam ilmu kedokteran hewan ada dua aspek yang berkaitan dengan zoonosis-aspek pengendalian penyakit hewan dan aspek kesehatan hewan. Ketika dua aspek ini berjalan baik, maka penyebaran penyakit yang bersumber dari hewan dapat dicegah sedini mungkin. Dukungan masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk upaya pemberantasan rabies. Hal ini pula dapat dicapai dengan mengadakan kampanye publik yang efektif dengan memanfaatkan media yang tersedia. Kepada instansi terkait sangat penting untuk menginformasikan kepada seluruh masyarakat kita yang ada,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan