Pemkab Jayapura Tegaskan Akan Rehab Gor Toware

SENTANI, jpr – Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura memastikan akan segera membangun atau merehab GOR Toware untuk kepentingan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional di Papua tahun 2020 mendatang. Penegasan itu disampaikan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw setelah melakukan pertemuan dengan masyarakat adat selaku pemilik ulayat di Kampung Kwadeware, Sabtu (27/7).

” apapun keputusannya kita semua harus mengikuti itu dan proses pembangunan untuk mendukung PON, kita semua harus mendukung,” kata Bupati Jayapura Mathius awoitauw¬† di sela-sela pertemuan dengan masyarakat adat pemilik ulayat tanah Gor Touare di Kampung Kwadeware, Sabtu (27/7).

Bupati Matius mengatakan tidak ada persoalan lagi dengan status tanah yang sudah dibangun GOR tersebut. Hanya sebagai pemerintah dirinya datang untuk menemui di masyarakat adat untuk menyampaikan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Jayapura akan melakukan perbaikan atau Rehab terhadap pembangunan tersebut.

“Saya datang untuk kasih tahu bahwa rehab dan pembangunan kawasan Gor ini segera dimulai,” kata Bupati dua periode tersebut.

Pantauan koran ini pertemuan Pemerintah Daerah yang dihadiri Bupati Jayapura dan beberapa pimpinan OPD dengan masyarakat pemilik ulayat atas tanah yang sudah dibangun Gor Toware tersebut berjalan lancar. Secara umum warga pemilik ulayat sepakat dan mendukung penuh rencana pemerintah untuk merenovasi dan menggunakan bangunan tersebut. Bahkan dalam kesempatan itu warga sepakat untuk menyatakan pernyataan bahwa masyarakat adat tidak boleh ada hak lagi untuk menggugat atau memalang GOR tersebut karena pemerintah daerah sudah melakukan pembayaran terhadap tanah tersebut.

“Sangat mustahil kalau pemerintah melakukan pembayaran dua kali terhadap orang yang sama. Itu berarti pemerintah melakukan korupsi. Maka kami sebagai pemilik wilayah sangat mendukung pemerintah untuk membangun kembali Gor tersebut, dan kalau ada yang masih mengklaim atau memalang silakan tempuh jalur hukum,” tegas ondo Kampung Kwadeware, Nikson Marweri kepada wartawan di Kampung Kwadeware.

Diakhir pernyataannya Nikson Marwari meminta kepada seluruh warganya agar mendukung pemerintah dalam membangun GOR tersebut. Karena menurutnya apabila pembangunan terjadi di daerah itu maka sudah pasti akan berdampak terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

“Kami berharap dengan adanya GOR ini kami punya tempat yang ada di sekitar bisa berkembang, seperti ekonomi misalnya masyarakat bisa membuka kedai dan berbagai usaha lainnya,” harapannya.

Tinggalkan Balasan