PON XX Tunjukkan Papua Bisa dan Aman

SENTANI, jpr – Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw berharap bahwa moment Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 mendatang bukan hanya untuk membuktikan kalau Papua bisa, namun lebih dari itu PON adalah moment untuk menunjukan bahwa Papua itu aman dan damai kepada semua orang.

“Jadi orang yang jauh-jauh mendatangi Papua, nanti bisa melihat Papua seutuhnya, baik keramahan masyarakatnya, keindahan alamnya dan potensi-potensi budaya dari seluruh daerah supaya mereka mendapatkan informasi lengkap tentang papua bahwa di sini aman,” terang bupati Jayapura, Mathius Awoitauw.

Oleh karena itu, kata Mathius Awoitauw, setiap kluster dalam PON XX nantinya harus dapat menyiapkan informasi-informasi yang menarik melalui sektor pariwisata yang dapat menyampaikan kepada para tamu bahwa di Papua sangat aman.

Dikatakan Mathius Awoitauw, khusus di Kabupaten Jayapura saat ini ada beberapa potensi wisata yang tengah dibangun dan diperkuat dengan fasilitas penunjang. Salah satunya adalah tempat wisata bahari Depapre yang dipersiapkan serta dipromosikan untuk menjadi destinasi wisata.

Upaya tersebut juga bermanfaat untuk memberikan informasi kepada para wisatawan yang datang di Papua, khususnya di Jayapura.

“Jadi setiap orang yang datang sudah mempunyai agenda tersendiri sehingga apa yang dinikmati dapat menjadi kesan tersendiri yang akan dibawa pulang dari Papua,” ujar Mathius.

Menurut Bupati, selama ini infomasi yang beredar mengenai Papua menjadi momok bagi sektor pariwisata. Untuk itu dalam PON XX kejayaan sektor pariwisata di Papua harus dapat diraih kembali.

“Tetapi ini bukan hanya menjadi tugas dari pemerintah tetapi tugas dari semua pihak yang harus ikut serta untuk memberikan rasa aman dan juga mensukseskan PON di Papua,” katanya.

Tinggalkan Balasan