Siapapun Harus Punya Kepedulian Terhadap Danau Sentani

SENTANI, jpr – Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura bersama seluruh lembaga lintas sektor, organisasi pemuda dan paguyuban secara bersama mendeklarasikan diri menjaga dan membersihkan danau Sentani. Kegiatan itu dilaksanakan di Jembatan Kuning, Jeku Sentani, Sabtu (16/9).
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengapresiasi keterlibatan seluruh pihak secara bersama membangun komitmen untuk menjaga keindahan alam danau Sentani melalui deklarasi gerakan pembersihan danau Sentani itu.
“Semangat ini yang harus kita tunjukkan. Kalau tadi MC bertanya Siapa yang salah di sini saya mau katakan, kita semua salah. Kepedulian kita terhadap danau ini memang sangat minim,” kata Bupati Mathius Awoitauw saat deklarasi pembersihan danau Sentani di Jembatan Kuning di Distrik Sentani, Sabtu (14/9).
Untuk itu dia berharap semangat ini tidak saja timbul sesaat, tetapi harus dilakukan secara rutin dengan jadwal yang tetap. Dirinya juga meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah terkait supaya menjadwalkan pembersihan danau Sentani itu secara rutin.
“Organisasi Perangkat Daerah yang bersangkutan tolong dibuat jadwalnya kapan kita kerja. Turun dengan agenda yang jelas dan dengan peralatan yang baik,” tegasnya.
Dia menegaskan menjaga kebersihan danau Sentani tidak hanya menjadi tanggung jawab masyarakat yang tinggal disekitar danau, tetapi ini harus menjadi tanggung jawab semua masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura khususnya di sekitar kota Sentani. Bagi masyarakat yang ada di sekitar kota diminta untuk tidak membuang sampah ke daerah aliran sungai yang notabene akan mengalir ke danau Sentani. Sebaliknya bagi penduduk yang tinggal disekitar danau Sentani agar menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah ke danau dan perlu memperhatikan sistem sanitasi rumah tangga yang baik termasuk MCK nya.
“Pemuda saya ajak kembali ke kampung. Karena di kota ada yang ngurus persoalan-persoalan yang ada di kampung perlu ditangani segera termasuk persoalan sampah” katanya.
Lanjut dia, menjaga kebersihan lingkungan termasuk kebersihan danau Sentani tidak saja dalam rangka menyambut Go Adipura dan penyelenggaraan kegiatan Pekan Olahraga Nasional Papua. Tapi kebersihan itu hendaknya menjadi kebutuhan sehingga tetap dijaga.
“Danau sentani menjadi potensi pariwisata di Kabupaten Jayapura. Ini adalah awal yang baik, bagaimana kita semua mendukung sektor pariwisata ini betul-betul dapat berkembang baik di Kabupaten Jayapura,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan