Kembangkan Sektor Pariwisata, Pemkab Jayapura Bangun Pelabuhan

SENTANI, jpr – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si terus menunjukkan keseriusan dan komitmennya untuk membangun dan menghidupkan pariwisata di Kabupaten Jayapura. Hal itu terlihat dengan berbagai upaya yang dilakukan belakangan ini, mulai dari pembangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang hingga pemberdayaan terhadap masyarakat adat sebagai pelaku utama sektor pariwisata di Kabupaten Jayapura.
Saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura sedang memulai pembangunan sejumlah pelabuhan di sekitar wilayah potensi wisata di Danau Sentani. Orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu punya ambisi besar agar kampung-kampung adat yang sebagian besarnya berbasis di Danau sentani itu bisa dikembangkan sebagai daerah destinasi wisata yang tentunya dipadukan dengan potensi alam di Danau Sentani. Bupati Mathius menilai hal itu bisa menjadi satu kekuatan baru untuk menghidupkan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata di Kabupaten Jayapura kedepanya.
Dia menjelaskan, ada sejumlah daerah potensi wisata di Kabupaten Jayapura. Untuk wilayah danau, pemerintah daerah sudah memetakan itu untuk kemudian membangun fasilitas penunjang seperti pelabuhan dan fasilitas umum lainnya. Kini pembangunan pelabuhan itu sudah mulai dirintis di Kampung Asei Pulau, Distrik Sentani Timur dan beberapa tempat lainnya akan menyusul.
“Hari ini kita mulai dengan pemancangan tiang pelabuhan di Asei Pulau, ini kemudian akan terhubung dengan Pantai Kalkhote,” ujar Bupati Mathius kepada wartawan di Asei Pulau, Sabtu (14/9).
Selain itu di Pantai Yahim juga akan dibangun fasilitas serupa dan akan dikerjakan tahun ini. Tidak hanya itu
Pemkab Jayapura juga akan membangun pelabuhan di Patau Toware. Dikatakan, pembangunan infrastruktur pelabuhan dan fasilitas lainnya di sekitar danau Sentani itu bertujuan agar bagaimana kedepan, danau Sentani itu bisa menjadi potensi yang menghidupkan perekonomian masyarakat di Danau Sentani. Sehingga infrastruktur yang dibangun itu akan menjadi penunjang bagi para wisatawan di Danau Sentani itu.
Sehubungan dengan pekerjaan besar tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura juga sudah membentuk tim infrastruktur. Dimana semua OPD yang memiliki kaitannya dengan infrastruktur PON, pemulihan bencana akan bergabung dan terintegrasi. Targetnya harus diselesaikan tahun depan.
“Kami juga berharap festival Danau Sentani bisa terlaksana tahun depan bersamaan dengan PON, tentunya fasilitas penunjangnya juga sudah kita bangun dan harus sudah siap mendukung rencana besar itu” jelasnya.
Untuk itu, Bupati dua periode itu meminta partisipasi masyarakat untuk mendukung program pemerintah, karena pemerintah hanya menyiapkan infrastrukturnya besar, tetapi masyarakat harus mendukung dengan menjaga kebersihan. “Rumah-rumah harus bersih, sanitasinya harus baik, pemerintah kampung juga bisa menganggarkan untuk terwujudnya sanitasi yang baik,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan