Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Jadi Pembicara dalam Kongres Besar I MAT

Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo, S.IP, ketika menyerahkan bantuan dana secara simbolis kepada Ketua Panitia Kongres Besar I Masyarakat Adat Tabi, Ismail Mebri, di Pendopo Igwa-Igwa Ondikeleuw Haleufoiteuw Hele Wabhouw, Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (23/9/2021)

SENTANI, jayapurakab.go.id – Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo, S.IP, menjadi pembicara dalam Kongres Besar I Masyarakat Adat Tabi (MAT), di Pendopo Igwa-Igwa Ondikeleuw Haleufoiteuw Hele Wabhouw, Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (23/9/2021).

Kongres Besar I Masyarakat Adat Tabi yang sudah berlangsung selama empat hari itu masuk dalam tahapan pembagian komisi-komisi demi membahas dan menyusun program kerja dari wadah ini ke depan.

Walaupun telah berlangsung selama empat hari. Namun berbagai bantuan, baik dalam bentuk seperti bahan makanan dan minuman, tetapi juga bantuan dalam bentuk uang dari anak-anak Tabi yang memiliki untuk untuk membangun negerinya yakni, negeri matahari terbit.

Selain memberikan bantuan, anak-anak Tabi di sejumlah jabatan strategis mendapat kesempatan menyampaikan materi pada kongres besar tersebut. Materi yang disampaikan sangat beragam berdasarkan kapasitas dan tupoksi mereka.

Salah satu anak Tabi yang memberikan bantuan dana sekaligus menyampaikan materi adalah Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo, S.IP. Usai memberikan bantuan dana dan materi, kepada wartawan Hamo menuturkan, bahwa sudah sepantasnya, dirinya sebagai anak Tabi yang kini menjabat ketua DPRD Kabupaten Jayapura memberikan dukungan atas penyelenggaraan kongres.

Dirinya menyadari, bahwa kongres masyarakat adat Tabi yang sedang berlangsung ini sesungguhnya merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari komitmen bersama Bupati dan Ketua DPRD dari masing-masing kabaupaten/kota di Wilayah Adat Tabi.

Klemens yang juga sebagai ketua Asosiasi DPRD Wilayah Tabi menuturkan, masa depan Tabi ditentukan oleh orang Tabi itu sendiri lewat nilai-nilai dan tatanan adat yang lahir, tumbuh dan berkembang.

“Kami selaku pimpina DPRD Kabupaten Jayapura yang juga sebagai ketua asosiasi DPRD se-tanah Tabi nyatakan sangat mendukung pelaksanaan kongres masyarakat adat ini,” tukasnya.

Klemens mengharapkan agar hasil akhir daripada kongres ini dapat melahirkan keputusan-keputusan dan program yang benar-benar memberikan proteksi terhadap keberadaan masyarakat adat Tabi dalam seluruh aktivitas, baik aktivitas di bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, dan lainnya di Tanah Papua ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Kongres Besar I Masyarakat Wilayah Adat Tabi Provinsi Papua, Ismael Mebri, SKM., MKP menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Ketua DPRD Kabupaten Jayapura yang mana telah berkenaan memberikan materi sekaligus menyerahkan bantuan.

“Bapa Klemens Hamo adalah salah satu anak Tabi yang luar biasa. Dalam jabatannya selaku ketua DPRD telah menyempatkan waktu hadir memberikan materi dan bantuan uang,” ungkapnya.

Pria yang kesehariannya menjabat sebagai Ondoafi Kampung Hebaibulu Yoka, pada kesempatan ini juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua anak-anak Tabi yang telah memberikan bantuan dan dukungan untuk pelaksanaan kongres.

“Biarlah apa yang diharapkan oleh para donator dan pemateri, bisa terakomodir secara baik dalam hasil-hasil keputusan dan program masyarakat Tabi kedepannya,” harapnya.

Tinggalkan Balasan