Ketua Kwarcab Kabupaten Jayapura Resmi Tutup Raimuna Cabang VIII Tahun 2023

Berita Daerah Pendidikan

Nampak upacara penutupan Raimuna Cabang ke-VIII Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura di Lapangan Upacara SMK Negeri Pertanian Pembangunan Jayapura, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Sabtu, 29 April 2023

SENTANI, jayapurakab.go.id – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura Alex R. Dusay, S.H., menutup kegiatan perkemahan Raimuna Cabang Ke-VIII Kabupaten Jayapura Tahun 2023, pramuka penegak dan pandega se- Kabupaten Jayapura, di Lapangan Upacara SMK Negeri Pertanian Pembangunan Jayapura, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 29 April 2023.

Dengan mengambil tema, “Karakter pemuda cerminan masa depan bangsa”. Kegiatan perkemahan Raimuna Cabang VIII ini berlangsung selama tiga (3) hari sejak Kamis (27/4) hingga Sabtu (29/4), diikuti sebanyak 195 Pramuka di 7 distrik yang ada di Kabupaten Jayapura.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Alex R. Dusay, S.H., menyampaikan, bahwa pada hari ini merupakan upacara penutupan untuk kegiatan raimuna cabang VIII Kabupaten Jayapura yang sudah berlangsung dari hari Kamis, 27 April 2023 lalu.

“Dalam sambutan penutupan tadi, intinya saya berpesan kepada para peserta raimuna cabang, pramuka inikan pendidikannya untuk pembentukan karakter manusia Pramuka yang baik. Tentunya, mereka harus mengimplementasikan nilai-nilai dasa dharma dan juga tri satya karena itu adalah inti dari kepramukaan,” kata Alex Dusay ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini usai penutupan Raimuna Cabang ke-VIII Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura, Sabtu, 29 April 2023 sore.

Lanjut Alex Dusay menyampaikan, jikalau bisa di hayati dengan benar dasa dharma dan tri satya sebagai filosofi kebenaran dari pembentukan karakter manusia pramuka. Maka itu, dengan sendirinya watak dan mental seorang anggota pramuka itu akan berubah yakni, dia seperti lambang tunas kelapa.

“Artinya, pokoknya di mana saja berada, dia bisa hidup atau tumbuh. Jika tunas kelapa itu kita taruh dia di air, dia bisa hidup, mau di rawa atau di mana saja pasti dia bisa hidup. Jadi, kita sebagai anggota pramuka dengan dibekali teknik kepramukaan ini kita dilatih untuk bisa bermanfaat di mana saja,” papar mantan Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Jayapura tersebut.

“Entah itu adik-adik peserta raimuna ini kembali ke tengah-tengah keluarga atau masyarakat, ya bisa mengimplementasikan nilai-nilai dari dasa dharma dan tri satya Pramuka tersebut. Karena di dalam semua itu sudah lengkap sekali, iman dan takwa diajarkan, hemat cermat juga diajarkan, kemudian bertanggung jawab dan dapat dipercaya diajarkan, terus suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan juga diajarkan,” sambung Alex.

Tujuan dari kegiatan ini, untuk melatih serta memberikan pengalaman yang berharga kepada anak-anak pramuka penegak dan pandega yang nantinya akan terpilih, sebagai perwakilan dari Kwarcab Kabupaten Jayapura untuk mewakili raimuna cabang dan raimuna di tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2023 mendatang.

“Sekembalinya adik-adik ini ke rumah bisa melakukan apa yang didapat di kegiatan raimuna cabang, pasti orang tua akan senang maupun di lingkungan mana mereka berada. Nilai-nilai pramuka ini harus kita wujud nyatakan dalam kepribadian kita di kehidupan sehari-hari. Hal itu sudah melekat sebagai tanggung jawab kita dan tidak boleh lepas begitu saja. Kalau ada hal-hal yang negatif, maka kita wajib memberikan pandangan kepada teman-teman yang lain agar kita dapat menjadi contoh untuk mereka ikuti,” jelas mantan Kadishub Kabupaten Jayapura ini.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura ini juga menyampaikan, kegiatan raimuna cabang merupakan pertemuan para penegak maupun pandega, sekaligus sebagai bagian persiapan mengikuti raimuna tingkat nasional yang akan berlangsung di Cibubur, Jakarta Timur pada Agustus 2023.

“Salah satu syarat mengikuti raimuna nasional, yakni merupakan peserta raimuna cabang. Oleh karena itu, setelah raimuna cabang ini adik-adik dapat kembali ke hambalang atau pangkalan untuk mempersiapkan kembali keterampilan kepramukaannya, serta syarat lainnya. Kemudian selanjutnya, kita akan kembali melakukan seleksi,” jelas Alex.

Ditambahkannya, pelaksana raimuna cabang merupakan anggota dewasa golongan penegak yang dipersiapkan sebagai dewan kerja yang nantinya sebagai tonggak estafet kepemimpinan untuk menjadi pelatih, pembina dan andalan.

Dirinya mengatakan, kegiatan raimuna tersebut berlangsung sejak 27 April 2023 lalu di Lapangan Upacara SMK Negeri Pertanian Pembangunan Jayapura, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Kegiatan itu, imbuhnya, menjadi ajang pertemuan serta mengasah keterampilan ilmu kepramukaan peserta.

“Dalam raimuna cabang ini juga dilakukan berbagai kegiatan, di antaranya bakti bumi perkemahan, pengenalan satuan karya dan beberapa kegiatan lainnya terkait ilmu kepramukaan,” pungkas Staf Ahli Bupati Jayapura Bidang Hukum Setda Kabupaten Jayapura ini.

Untuk diketahui, total keseluruhan yang mengikuti kegiatan raimuna cabang ini berjumlah 270 anggota pramuka yang terdiri dari 195 orang penegak dan pandega peserta raimuna cabang yang berasal dari 7 distrik (Kwarran), kemudian tim peninjau 40 orang dan panitia 35 orang.

Tinggalkan Balasan