Bupati Jayapura Tinjau Kampung Yongsu Desoyo

Sentani, Jpr –  Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw bersama beberapa kepala Perangkat Daerah dilingkup Pemda Jayapura akhirnya meninjau langsung lokasi terdampak bencana banjir bandang yang terjadi di Kampung Yongsu Desoyo, Distrik Revanirara, Senin (15/4/2019).   Tinjauan  ini merupakan pertama kali dilakukan oleh Bupati Mathius pasca terjadinya bencana alam yang menerpa wilayah itu beberapa waktu lalu.

“kunjungan itu bertujuan untuk memastikan bantuan dan pasokan logistik ke wilayah itu  sudah benar-benar sesuai dengan harapannya. Meski baru pertama kali mengunjungi wilayah itu pasien kejadian bencana ia mengaku distribusi logistik pakaian layak pakai ke daerah tersebut lancar dan aman,” jelasnya.

“Makanan juga sejauh ini masih aman, saya harus memastikan melalui kunjungan ini bahwa  tidak ada kendala yang mereka hadapi setelah adanya kejadian bencana ini,” kata  Bupati Mathius Awoitauw  kepada wartawan di kampung Yongsu Desoyo, Senin (15/4).

“berkaitan dengan keberadaan ratusan warga yang ada di kampung tersebut mereka sejatinya sudah bersedia untuk direlokasikan ke tempat yang lebih aman yang letaknya sekitar 100 hingga 200 meter dari lokasi Pemukiman yang lama,” katanya.

“Tadi sudah disepakati bahwa mereka sudah punya tempat untuk direlokasi dan mereka sangat bersedia,” katanya.

Sebagaimana diketahui banjir bandang yang melanda wilayah itu memang tidak menimbulkan korban jiwa tetapi puluhan rumah rusak berat termasuk fasilitas umum seperti Puskesmas, Polindes,  Jembatan dan jalan umum juga rusak berat.

“Saluran air minum masyarakat juga rusak sehingga saat ini warga masih menggunakan saluran air darurat yang dikerjakan secara swadaya untuk mengatasi kekurangan air,” jelasnya.

dia menambahkan sehubungan dengan langkah pemulihan terhadap wilayah itu pemerintah Secepatnya akan mengutamakan perbaikan fasilitas umum seperti Puskesmas dan tempat pelayanan umum lainnya yang saat ini masih bermasalah akibat bencana tersebut. Selain itu instalasi air minum juga akan diperhatikan termasuk merelokasi warga ke tempat yang lebih aman.

“Ini akan dikerjakan secepatnya tentunya kita Adam utamakan dulu tempat Pelayanan seperti Puskesmas sekolah dan juga instalasi air minum,” paparnya.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw saat melihat dena kondisi wilayah usai dilanda banjir bandang,

Tinggalkan Balasan