20 Ekor Hewan Kurban Ditemukan Positif Cacing Hati

Sentani Jpr – Sebanyak 20 ekor sapi kurban ditemukan positif cacing hati setelah diakukan pemeriksaan oleh post mortem atau pemeriksaan dalam oleh tim dari Dinas Peternakan Perkebunan Kabupaten Jayapura dan Provinsi Papua. Pemeriksaan tersebut berlangsung di Sentani, pada hari, Kamis, tanggal, 23 Agustus 2018.

Kepala DInas Peternakan Perkebunan Kabupaten Jayapura, Louis Nauw, SP, melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura, Drh. Adorsina Wompere, mengatakan, total hewan kurban yang dipotong sebanyak 303 ekor yang terdiri dari sapi sebanyak 261 ekor dan kambing 42 ekor. Hasil pemeriksaan antemortem kita periksa semua baik dan layak dipotong tapi pasnya pemeriksaan post mortem di tempat penyembelihan terdapat 20 ekor sapi yang positif cacing hati, sehingga hatinya langsung disingkirkan untuk tidak dikonsumsi.

“Jadi untuk tahun depan minimal 3 bulan sebelum hari raya kita sudah kasih obat cacing sehingga kedepan hari kurban lagi tidak ditemukan adanya sapi yang terkena cacing hati seperti yang ditemukan saat ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan