BPBD Kabupaten Jayapura Gelar Workshop Penyusunan Renkon

Sentani, Jpr- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura menggelar workshop penyusunan Rencana Kontjensi dalam rangka peningktan kapasitas daerah dalam penanggulangan bencana tahun 2016 yang berlangsung di Hotel Grand Allison pada hari Senin, tanggal 19 September 2016.

Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M. Si, dalam sambutanya yang dibacakan oleh Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura, Denny Simbar, SE, M. Si, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam pencegahan dan kesiapan menghadapi bencana guna mengurangi resiko yang ditimbulkan akibat terjadinya bencana. Hal ini sangat dibutuhkan mengingat Kabupaten Jayapura merupakan daerah rawan bencana yang memiliki resiko tinggi.

“Perencanaan kontijensi adalah suatu proses perencanaan ke depan dalam keadaan yang tidak menentu. Karena scenario dan tujuan disepakati, tindakan teknis dan manajerial ditetapkan. Dimana sistem tanggapan atau menanggulangi secara lebih baik dalam situasi darurat atau kritis. Jadi perencanaan kontijensi ini diperlukan sebagai langkah kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana atau kedaruratan, termasuk kesiapsiagaan masyarakat. Dengan adanya workshop rencana kontijensi yang akan disusun itu, diharapkan dapat memberikan paduan yang lebih terarah untuk penanganan dan pencegahan bencana,”tutupnya.

Tinggalkan Balasan