Covid-19, Pemerintah Tetap Melaksanakan Program Replanting Kakao

Ilustrasi budidaya tanaman kakao.

SENTANI, jpr – Meski di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan sedang mengupayakan untuk mengembalikan kejayaan Kakao bagi masyarakat petani kakao di Kabupaten Jayapura. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah melalui instansi teknisnya itu adalah dengan melakukan program replanting terhadap 3700 hektar perkebunan tanaman kakao di wilayah berpotensi di Kabupaten Jayapura.

“Untuk tahap pertama ini kita sedang melaksanakan program replanting tanaman kakao untuk mengembalikan kejayaan Kakao kita. Ada sekitar 3700 hektar kebun tanaman kakao yang sedang kita programkan untuk dilakukan replanting,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura, Dodi Sambodo Samiyana kepada wartawan di Sentani, Senin (27/7).

Dia menjelaskan untuk me-replanting ribuan hektar tanaman kakao di Kabupaten Jayapura ini dilakukan secara bertahap setiap tahun. Misalnya untuk tahun 2019 saja mereka sudah replanting tanaman kakao sebanyak 119 hektar.

Kemudian tahun ini ada sekitar 600 hektar yang sudah dilakukan replanting. Selama 1 tahun sebenarnya dinas tersebut menargetkan melakukan replanting tanaman kakao ini seluas 400 hektar, namun karena ada dukungan dan bantuan dari para Mitra yang ada, sehingga capaian program replanting tanaman kakao ini melampaui target yang sudah direncanakan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan