DesTIKa Akan Dihadiri 7 Kementerian

Sentani, Jpr- Festival Desa Teknologi Informatika dan Komunikasi (DesTIKa) yang akan diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura yang akan berlangsung pada tanggal 28-30 September 2016 yang akan dihadiri oleh 7 kementerian.

Kepala Badan Komunikasi, Informatika, Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Jayapura, Ir. Sambodo Samiyana, M. Si, menyampaikan, bahwa kegiatan ini akan dihadiri oleh 7 Kementerian. Oleh sebab itu, pihaknya sedang melakukan koordinasi mengenai kepastian hal tersebut. Untuk pembukaan Festival DesTIKa akan sekaligus melaunching website kampung dengan sistem Informasi Kampung degan sistem. Karena seluruh kampung di seluruh Indonesia telah menerapkan standar yang sama seperti yang akan kami lakukan disini. Dengan adanya website dan SIM kampung diperlukan perhatian serius sehingga ada pelatihan yang akan dilakukan untuk melatih tenaga-tenaga IT di tingkat kampung yang harus dilakukan walaupun secara perlahan. Jangan berfikir bahwa sistem ini sangat sulit, tetapi anggaplah masyarakat di Kampung menggunakan handphone. Produk di kampung di foto dengan handphone dan menyimpannya di website sehingga produk dari kampung itu akan diketahui secara nasional.

“Festival DesTIKa ini juga akan dihadiri oleh relawan TIK yang akan membantu memberikan pelatihan kepada masyarakat mengenai penerapan program yang akan diterapkan diseluruh kampung di Kabupaten Jayapura. Festival DesTIKa akan di pusatkan di Pantai Wisata Kalkhote Kampung Asei, Distrik Sentani Timur. Akan dihadiri sekitar 250-an undangan yang akan hadir dari semua wilayah di Indonesia yang juga telah menerapkan sistem kampung berbasis IT. Dan ini akan memberikan pemahaman kepada masyarakat kita bahwa menggunakan sistem ini sangatlah baik manfaatnya,”tutupnya.

Tinggalkan Balasan