Pramuka Diajak Perangi Masalah Sampah

SENTANI, jpr – Kwartir cabang gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura menyelenggarakan kegiatan perkemahan Pramuka yang diikuti oleh 580 Gugus Depan Pramuka. Kegiatan itu dilaksanakan di kampung Dosai Distrik Sentani Barat sejak 12 Agustus hingga 15 Agustus 2019.
Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura, Robert Dusay mengatakan, kegiatan perkemahan Pramuka tahun ini dilaksanakan dengan tujuan memperingati hari lahirnya Pramuka yang ke 58 sejak berdirinya pada tahun 1961. Melalui kegiatan perkemahan Pramuka ini pula para anggota pramuka diajak untuk memerangi masalah sampah yang saat ini sudah menjadi persoalan dunia.
“Sesuai dengan instruksi Kwarnas Salah satu tugas dari para Gudep ini harus memerangi masalah sampah makanya tadi kita sudah membakar sampah secara simbolis dan itu mulai dari sini sampai di plosok Kabupaten Jayapura,” papar Robert Dusay saat ditemui wartawan di sela-sela kegiatan di lapangan Dosai Sentani Barat, Rabu (14/8).
Adapun peserta yang mengikuti kegiatan itu berasal dari enam distrik yang ada di Kabupaten Jayapura yakni Distrik Sentani, Sentani Timur, Sentani Barat, Depapre, Demta dan Waibu.
Dia mengatakan, melalui kegiatan perkemahan ini setiap peserta diajak dan dilatih untuk menjunjung tinggi semangat persaudaraan, kerjasama, gotong royong, juga membangun rasa Patriotisme dan nasionalisme.
Sementara itu, Wakil ketua Majelis pembimbing gerakan pramuka Kabupaten Jayapura, yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro berharap agar kegiatan perkemahan Pramuka ini harus rutin dilakukan. Jangan karena bertepatan hari ulang tahun pramuka saja baru dilakukan perkemahan,” katanya.
Dia berharap kegiatan kegiatan seperti ini bisa dihidupkan hingga ke tingkat distrik yang ada di Kabupaten Jayapura. Karena melalui kegiatan positif seperti itu dapat dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa.
“Melalui ini juga, mereka mulai percaya diri sebagai anak bangsa apalagi mereka penerus dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan