2024 Dinkes Kabupaten Jayapura Lakukan Survei Akreditasi Dua Puskesmas

Berita Daerah Kesehatan Layanan

Tampak salah satu puskesmas yang ada di Kabupaten Jayapura.

SENTANI, jayapurakab.go.id – Tahun 2023 lalu Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura telah melakukan survei akreditasi di beberapa Puskesmas dan hasilnya ada yang mendapatkan akreditasi Paripurna yakni di Puskemas Sentani Kota, Puskemas Genyem, Puskesmas Yapsi dan Puskemas Ebungfauw.

Dari hasil survei akreditasi di puskesmas lainnya ada juga yang memperoleh akreditasi Utama dan Madya.

Tahun 2024 Dinkes Kabupaten Jayapura akan melaksanakan survey akreditasi kembali di dua puskemas yaitu Distrik Airu dan Distrik Gresi Selatan, hal itu disampaikan, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Edward Sihotang, Kamis (01/02/2024).

“Jadi di tahun 2023 kita sudah memperoleh hasil akreditasi puskemas ada yang sudah hasilnya Paripurna, Utama dan Madya tapi kita bersyukur sudah ada beberapa puskesmas yang sudah mendapat hasil akreditasi Paripurna dan Utama tentu ini tidak mudah karena butuh perjuangan yang benar-benar luar biasa, berbagai indikator harus dipenuhi dengan baik,” ungkapnya.

Kata Edward mengungkapkan, di tahun 2024 ini masih ada dua puskesmas yang akan dilakukan survey akreditasi yakni puskemas di Distrik Airu dan puskemas di Distrik Gresi Selatan. Dan saat nanti akan dilakukan survei akreditasi pada triwulan satu atau dua, saat ini semua sudah dipersiapkan dengan baik termasuk dananya. Karena dalam melakukan survei akreditasi dibutuhkan dana juga dan Dinkes Kabupaten Jayapura telah menyiapkan dana tersebut melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) T.A 2024.

Edward menambahkan, jika puskemas sudah dilakukan akreditasi maka akan mendapatkan keuntungan diantaranya mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh puskesmas menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan setiap pasien, makin sempurna kebutuhan dan tuntutan setiap pasien, makin baik pula mutu pelayanan kesehatan.

“Termasuk memperkuat kepercayaan masyarakat serta adanya jaminan kualitas pelayanan bagi BPJS Kesehatan sebagai masyarakat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan