29 kampung Telah Deklarasikan Program STBM

Berita Daerah Kependudukan Kesehatan Pemerintahan dan Aparatur

Sentani, Jpr- Sedikitnya 29 Kampung di Kabupaten Jayapura, telah mendeklarasikan Program Sanitasi Total berbasis masyarakat, guna meningkatkan kesehatan keluarga di lingkungannya masing-masing. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, SKM, M. Kes, di Jayapura, pada hari, Kamis, tanggal, 24 Agustus 2017.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, SKM, M. Kes, mengatakan, Program STMB sendiri ada lima kriteria yakni, tidak membuang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum, limbah rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga.

β€œJika masyarakat melakukan STMB ini maka masyarakat akan dapat memiliki pola hidup sehat di lingkungan masing-masing dan terhindar dari diare cacingan, dan bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Jayapura. Kami sedang mendorong beberapa kampung untuk mendeklarasikan Program STBM ini, dan sangat dibutuhkan keterlibatan semua stakeholder karena menyangkut infrastruktur bangunan air dan jemban sehingga jika pertama dilaksanakan maka berikutnya dapat terlaksana dengan stimultan. Yang sudah deklarasi 29 Kampung dan sudah diverifikasi secara terus menerus maka diharapkan sekitar 50 Kampung dari 139 Kampung dan lima kelurahan, sehingga kota berharap seluruh kampung dapat terlibat dalam program ini. Kami memberikan apresiasi kepada beberapa kepala kampung yang turut serta mendukung dilakukannya pembangunan fasilitas MCK,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan